Topik Terbaru

Rupiah Melemah

Advertisement

JAKARTA, Buana Indonesia- Mata uang rupiah, pada perdagangan Selasa (13/12) mengalami penurunan terhadap dolar AS. Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali melemah senilai 10 poin pada awal pekan,

ilustrasi

JAKARTA, Buana Indonesia- Mata uang rupiah, pada perdagangan Selasa (13/12) mengalami penurunan terhadap dolar AS. Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali melemah senilai 10 poin pada awal pekan, Senin (12/12) sore, mengingat hasil konperensi tingkat tinggi Uni Eropa (KTT UE) yang kurang mengesankan pasar.

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksi antarbank di Jakarta Senin sore bergerak melemah 10 poin ke posisi Rp9.050 dibanding sebelumnya Rp9.040.Pertemuan pemimpin UE belum memberikan harapan bagi pelaku pasar untuk menghasilkan adanya solusi yang lebih agresif dalam menangani krisis utang di Eropa.Kalangan analis berpendapat bahwa apa yang telah dilakukan pemimpin Uni Eropa mungkin belum cukup meyakinkan European Central Bank untuk meningkatkan pembelian obligasi secara signifikan sebagai upaya meredam gejolak di pasar obligasi.

Meski demikian Bank Indonesia (BI) menahan suku bunga acuan sesuai perkiraan, BI memutuskan untuk mempertahankan suku bunga di level enam persen pada Desember setelah secara tak terduga melakukan pemangkasan sebesar 50 basis poin di bulan November.Intervensi oleh BI telah membantu rupiah mengurangi sebagian pelemahan di pasar, guna menjaga nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.Sementara itu, kurs tengah BI pada Senin tercatat mata uang rupiah melemah ke posisi Rp9.085 dibanding sebelumnya Rp9.040. (bi sumber liputan6.com)

Advertisement